YLK Sulteng Pertemukan Konsumen Dan Pelaku Usaha

id ylk

YLK Sulteng Pertemukan Konsumen Dan Pelaku Usaha

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (antaranews)

... kami akan mempertemukan konsumen dan produsen atau pelaku usaha dalam bentuk kegiatan dialog
Palu, (antarasulteng.com) - Yayasan Lembaga Konsumen (YLK) Provinsi Sulawesi Tengah akan mempertemukan konsumen dan pelaku usaha dalam rangka peringatan hari pelanggan nasional yang jatuh pada tanggal 4 September 2017.

"Iya, kami akan mempertemukan konsumen dan produsen atau pelaku usaha dalam bentuk kegiatan dialog," ungkap Ketua YLK Sulteng Salman Hadianto di Palu, Jumat sore.

Menurut Salman Hadianto, YLK akan menghadirkan beberapa pelaku usaha berstatus Badan Usaha Milik Negara seperti PLN, Pertamina, Telkom.

YLK, sebut dia, juga akan menghadirkan beberapa pelaku usaha perbankan dan pelaku usaha komunikasi seperti Telkomsel.

"Mereka akan dipertemukan pada dialog yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 September 2017," ujarnya.

Dia mengatakan pertemuan itu dimaksudkan agar produsen atau pelaku usaha dapat mendengar keluhan dan masukan dari konsumen terkait dengan produk-produk yang di gunakan.

Ia menyebut bahwa konsumen memiliki hak yang diatur dalam konstitusi undang-undang perlindungan konsumen yang hak-nya harus di penuhi oleh pelaku usaha.

"Pertemuan ini sekaligus menyosialisasikan kepada masyarakat atau konsumen serta pelaku usaha mengenai undang-undang perlindungan konsumen," sebutnya.

Dirinya mengatakan bahwa sejauh ini laporan konsumen mengenai suatu produk dari pelaku usaha atau produsen masih sangat tinggi.

"Tingginya kasus antara sengketa konsumen dan produsen atau pelaku usaha menandakan bahwa undang-undang perlindungan konsumen belum tersampaikan dengan baik atau belum sampaikan secara maksimal kepada dua pihak," ujarnya. (skd)