Kalapas Palu tinjau perkebunan yang dikelola oleh Napi di Sigi

id Narapidana, lapas.palu

Kalapas Palu tinjau perkebunan yang dikelola oleh Napi di Sigi

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Palu Gunawan meninjau area perkebunan yang dikelola oleh narapidana. Foto : ANTARA/HO (Humas Lapas Palu)

Kota Palu (ANTARA) -
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Palu Gunawan meninjau area perkebunan milik Lapas yang dikelola oleh sejumlah narapidana di Desa Langaleso, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Senin 08/01.


 


Area perkebunan ini merupakan salah satu Sarana asimilasi dan edukasi (sae) atau tempat pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Palu. 


 


"WBP yang bekerja di sarana asimilasi dan edukasi tidak dipilih dengan cara sembarangan, sebelumnya mereka harus melalui proses sidang TPP oleh Tim Pengamat Pemasyarakatan. Persyaratannya yaitu berkelakuan baik dan tidak pernah melakukan pelanggaran," jelas Gunawan. 


 


Menurutnya, lahan yang dikelola oleh narapidana ini memiliki luas 4 Hektare. Didalamnya terdapat pertanian, perkebunan dan perternakan. 


 


"Kegiatan perawatan tanaman pertanian di SAE ini bertujuan untuk mewujudkan keterampilan WBP di bidang pertanian dan menjadi wadah untuk membina dan mendidik WBP sebelum mereka keluar dan kembali ke masyarakat," terangnya.


 


Saat ini terdapat 15 orang narapidana yang saat ini mengelola area perkebunan tersebut.